Rangking Indonesia/ Dunia | Universitas | Ukuran | visibilitas | Jumlah file | ||
1/583 | Universitas Gadjah Mada | 501 | 815 | 1,152 | ||
2/599 | University of Indonesia | 438 | 969 | 634 | ||
3/770 | Institute of Technology Bandung | 444 | 908 | 919 | ||
4/1000 | Airlangga University | 1,084 | 1,223 | 521 | ||
5/1004 | Diponegoro University | 558 | 2,477 | 1,780 | ||
6/1007 | Petra Christian University | 308 | 2,295 | 802 | ||
7/1010 | Gunadarma University | 646 | 1,510 | 686 | ||
8/1015 | Andalas University | 2,234 | 1,590 | 639 | ||
9/1017 | Institut Teknologi Sepuluh Nopember | 1,029 | 1,506 | 1,883 | ||
10/1018 | Universitas Negeri Malang * | 1,958 | 1,495 | 1,080 |
Mengenai Saya
Welcome my friend ...
The place of sharing knowledge and insight for the progress of us all ...
Minggu, 09 Oktober 2011
Daftar Peringkat Perguruan Tinggi di Indonesia Tahun 2011 -- Univ. Kristen Petra Surabaya
Parkir Modern di Jerman
Parkir Modern di Jerman
Apa aja sih kendala kalian kalau parkir kendaraan?
Susah cari tempat yg kosong, susah mundurin kendaraan, plus jauhnya tempat parkir dengan lantai yg ingin dituju...
Pabrik Volkswagen di Munich, Jerman tidak akan mengalami hal itu lagi.
Sebuah parkir modern, berefisiensi tinggi, di mana mobil-mobil tersebut akan diparkirkan oleh sebuah kerek otomatis. Sayangnya, parkir ini hanya digunakan sebagai showroom sekaligus gudang untuk memajang mobil2 baru Volkswagen dimana setiap car tower mampu menampung sampai 400 mobil (jadi total ada 800 mobil, karena ada 2 car tower).
Para pelanggan hanya perlu melihat mobil2 tersebut melalui komputer, lalu memilih yang mereka inginkan.
Sistem ini juga akan diterapkan di The Emirates Financial Tower, sebuah proyek besar di Dubai.
sumber :
http://kabarancak.blogspot.com/2011/09/parkir-modern-di-jerman.html
Susah cari tempat yg kosong, susah mundurin kendaraan, plus jauhnya tempat parkir dengan lantai yg ingin dituju...
Pabrik Volkswagen di Munich, Jerman tidak akan mengalami hal itu lagi.
Sebuah parkir modern, berefisiensi tinggi, di mana mobil-mobil tersebut akan diparkirkan oleh sebuah kerek otomatis. Sayangnya, parkir ini hanya digunakan sebagai showroom sekaligus gudang untuk memajang mobil2 baru Volkswagen dimana setiap car tower mampu menampung sampai 400 mobil (jadi total ada 800 mobil, karena ada 2 car tower).
Para pelanggan hanya perlu melihat mobil2 tersebut melalui komputer, lalu memilih yang mereka inginkan.
Sistem ini juga akan diterapkan di The Emirates Financial Tower, sebuah proyek besar di Dubai.
sumber :
http://kabarancak.blogspot.com/2011/09/parkir-modern-di-jerman.html
Parkir Paling Canggih dan Modern Ada Di RSCM
Parkir Paling Canggih dan Modern Ada Di RSCM
Problemamatika berlalulintas di Jakarta bukan hanya sekedar kemacetan tetapi kesulitan mencari tempat parkir adalah masalah besar lainnya. Namun permasalahan itu tampaknya akan sedikit teratasi saat dibangun gedung parkir canggih dan modern yang mulai dibangun di Indonesia. Gedung parkir yang paling canggih dan paling modern itu telah dibangun dan telah dijalankan di gedung parkir mobil Kencana tepatnya di belakang Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat.
Gedung parkir Kencana yang modern itu dilengkapi empat lift canggih di tiap lantainya. Tiap lantai berkapasitas delapan mobil. Jadi, gedung itu mampu menampung 96 mobil. Gedung 12 lantai seluas 176 meter persegi terdiri dari sekumpulan rak seperti dalam lemari perkakas. Rak mobil tersebut terbuat dari plat baja, kabel, rantai serta beberapa alat elektronik lainnya.
Pengendara dalam memarkir mobil tidak perlu repot cukup meletakkan mobil di tempat yang tepat dibantu juru parkir, lalu mobil akan ditransfer oleh lift ke tempat yang aman dalam waktu 40 detik.
Sarana parkir canggih ini di sebut GearBox adalah buatan perusahaan asal Korea Selatan, Donsung P and P. Mesin dan sistem kerja alat ini hampir mirip dengan lift yang biasa dijumpai di gedung-gedung tinggi, tapi dengan skala yang lebih besar. Mesin utamanya berada di bagian paling atas dari gedung.
Tempat parkir itu sebenarnya telah didirikan sejak 5 Mei 2010, tetapi gedung parkir itu tidak pernah penuh. Padahal, gedung parkir itu masih gratis hingga akhir Mei ini.
Terdapat batas maksimal panjang dan berat mobil yang bisa diparkir. Rata-rata panjang mobil harus lima meter dan beratnya 2,5 ton per mobil. Mobil seperti Toyota Alphard, Oddisey dan mobil panjang lainnya tidak bisa parkir di gedung itu.
Terdapat batas maksimal panjang dan berat mobil yang bisa diparkir. Rata-rata panjang mobil harus lima meter dan beratnya 2,5 ton per mobil. Mobil seperti Toyota Alphard, Oddisey dan mobil panjang lainnya tidak bisa parkir di gedung itu.
Tarif parkir modern itu itu setiap mobil harus membayar Rp 10 ribu setiap kali parkir tanpa batasan waktu. Pengendara juga tetap harus membayar saat meninggalkan kompleks RSCM. Tarifnya tergantung lamanya parkir di kompleks rumah sakit itu.
Prosedur dan mekanisme masuk dalam Parkir Modern
- Mobil masuk ke lift melewati sebuah pintu.
- Posisi mobil harus tepat, tidak boleh melanggar garis kuning yang berada di plat baja tempat mobil berpijak.
- Jika posisi tidak tepat pada garis kuning, sensor akan berbunyi dan mesin lift tidak akan bekerja.
- Jika mobil telah masuk, petugas mencatat plat nomor mobil pada sebuah panel. Panel itu akan “menerbangkan” mobil ke atas.
- Secara otomatis mesin yang akan mencarikan tempat kosong untuk mobil.
Cara mengeluarkan mobil:
- Petugas memasukkan nomor polisi mobil yang telah didaftar ke panel.
- Mobil akan diturunkan menggunakan mesin lift.
- Jika mobil sudah sampai di lantai dasar, plat lift pijakan mobil akan berputar 180 derajat hingga membuat bagian depan mobil mengarah ke pintu keluar.
Posted on Juni 1, 2011 by The Children Indonesia
Bahaya Merkuri Dalam Lampu Neon
Bahaya Merkuri Dalam Lampu Neon
Lampu hemat energi yang biasa kita kenal dengan sebutan lampu neon, lampu CFL (Compact Fluorescent Lamp), lampu TL (Tube Luminescent) merupakan lampu yang banyak digunakan untuk menggantikan lampu pijar. Hal tersebut dikarenakan untuk menghasilkan terang yang sama lampu neon membutuhkan daya listrik yang lebih sedikit dibandingkan dengan lampu pijar, dengan menggunakan lampu neon kita bisa menghemat energi 80%, mengurangi emisi gas CO2 dan mencegah global warming.
Lampu pijar menyala karena adanya kawat tipis yang dialiri listrik sehingga akan timbul panas, yang kemudian membara dan akhirnya menyala. Sedangkan lampu neon, merupakan lampu yang didalamnya berisi gas merkuri (air raksa) dan tabungnya dilapisi bahan fluoresen, listrik digunakan untuk menciptakan loncatan listrik seperti petir mini.
Loncatan petir mini ini menyebabkan energi gas merkuri meningkat, hal ini tidak berlangsung lama karena kemudian energi gas merkuri tersebut dilepaskan dan menghasilkan suatu cahaya ultraviolet. Ultraviolet tersebut kemudian mengenai bahan fluoresen sehingga terjadi fluoresensi dan menghasilkan cahaya warna putih terang.
Bahan merkuri dari lampu neon ini yang berbahaya apabila kontak atau masuk ke dalam tubuh manusia. Apabila lampu ini pecah, bahan logam merkuri dapat mencemari ruangan dan mengancam kesahatan manusia. Kadar pencemaran merkuri bisa bertahan 5 jam pada ruangan tertutup, karena berbahaya maka bayi dan ibu hamil harus segera keluar, dan jendela harus segera dibuka selama 15 menit agar gas merkuri dapat hilang dari dalam ruangan.
Merkuri merupakan suatu logam yang apabila kontak dengan kulit dapat menyebabkan ruam, sedangkan apabila terhirup dapat menyebabkan sakit kepala, dan memicu kejang pada penderita epilepsi. Kadar merkuri sebenarnya cukup kecil, hanya sekitar 1-5 mg pada setiap bola lampu CFL dan tidak terlalu berbahaya jika segera tersapu angin. Namun di ruangan tertutup yang tidak ada angin, kadarnya bisa meningkat 20 kali lipat sehingga sangat membahayakan.
Sebuah penelitian di Fraunhofer Wilhelm Klauditz Institute mengungkap bahwa bola lampu CFL yang pecah dapat meningkatkan kadar merkuri di udara tertutup hingga 7 mikrogram/cm3. Sementara batas aman yang tidak membahayakan adalah 0,35 mikrogram/cm3.
Pada waktu membersihkan pecahan lampu neon ini juga hendaknya menggunakan pelidung tangan untuk mengindari kontak dengan logam merkuri yang terdapat dalam didalamnya.
Sumber referensi
Lampu pijar menyala karena adanya kawat tipis yang dialiri listrik sehingga akan timbul panas, yang kemudian membara dan akhirnya menyala. Sedangkan lampu neon, merupakan lampu yang didalamnya berisi gas merkuri (air raksa) dan tabungnya dilapisi bahan fluoresen, listrik digunakan untuk menciptakan loncatan listrik seperti petir mini.
Loncatan petir mini ini menyebabkan energi gas merkuri meningkat, hal ini tidak berlangsung lama karena kemudian energi gas merkuri tersebut dilepaskan dan menghasilkan suatu cahaya ultraviolet. Ultraviolet tersebut kemudian mengenai bahan fluoresen sehingga terjadi fluoresensi dan menghasilkan cahaya warna putih terang.
Bahan merkuri dari lampu neon ini yang berbahaya apabila kontak atau masuk ke dalam tubuh manusia. Apabila lampu ini pecah, bahan logam merkuri dapat mencemari ruangan dan mengancam kesahatan manusia. Kadar pencemaran merkuri bisa bertahan 5 jam pada ruangan tertutup, karena berbahaya maka bayi dan ibu hamil harus segera keluar, dan jendela harus segera dibuka selama 15 menit agar gas merkuri dapat hilang dari dalam ruangan.
Merkuri merupakan suatu logam yang apabila kontak dengan kulit dapat menyebabkan ruam, sedangkan apabila terhirup dapat menyebabkan sakit kepala, dan memicu kejang pada penderita epilepsi. Kadar merkuri sebenarnya cukup kecil, hanya sekitar 1-5 mg pada setiap bola lampu CFL dan tidak terlalu berbahaya jika segera tersapu angin. Namun di ruangan tertutup yang tidak ada angin, kadarnya bisa meningkat 20 kali lipat sehingga sangat membahayakan.
Sebuah penelitian di Fraunhofer Wilhelm Klauditz Institute mengungkap bahwa bola lampu CFL yang pecah dapat meningkatkan kadar merkuri di udara tertutup hingga 7 mikrogram/cm3. Sementara batas aman yang tidak membahayakan adalah 0,35 mikrogram/cm3.
Pada waktu membersihkan pecahan lampu neon ini juga hendaknya menggunakan pelidung tangan untuk mengindari kontak dengan logam merkuri yang terdapat dalam didalamnya.
Sumber referensi
- detikhealth.com
- netsains.com
- en.wikipedia.org
Minggu, 02 Oktober 2011
BAMBOO ... BAMBU
Bambu merupakan sumber bahan bangunan yang dapat diperbaharui dan banyak tersedia di Indonesia. Dari sekitar 1.250 jenis bambu di dunia, 140 jenis atau 11% nya adalah spesies asli Indonesia. Orang Indonesia sudah lama memanfaatkan bambu untuk bangunan rumah, perabotan, alat pertanian, kerajinan, alat musik, dan makanan. Namun, bambu belum menjadi prioritas pengembangan dan masih dilihat sebagai "bahan milik kaum miskin yang cepat rusak". Sahabat Bambu hadir untuk mengangkat citra bambu dengan menghasilkan produk berkualitas yang indah, kuat, dan tahan lama. Bambu yang dipanen dengan benar dan diawetkan merupakan bahan yang kuat, fleksibel, dan murah, yang dapat dijadikan bahan alternatif pengganti kayu yang kian langka dan mahal.
Mengapa menggunakan bambu? Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang bambu…
- Sumberdaya terbarukan. Bambu dapat dipanen dalam waktu hanya 3-5 tahun dibandingkan dengan 20-50 tahun pada kebanyakan jenis kayu keras. Produksi biomasa bamboo diperkirakan sekitar 20-30 ton per hektar pet tahun.
- Berlimpah. Ada lebih dari 1.500 spesies di seluruh dunia, di Indonesia juga ditemukan lebih dari 100 jenis bambu yang hampir seluruhnya dapat dimanfaatkan.
- Lebih kuat dari baja. Jenis-jenis bamboo tertentu memiliki kekuatan tensil hingga 28.000 per inci, dibandingkan dengan baja yang memiliki tensil 23.000.
- Meningkatkan pendapatan petani. Bambu tumbuh di kawasan pedesaan dan kebanyakan dimiliki oleh petani miskin. Memanfaatkan bambu secara lestari dapat membantu menambah penghasilan petani.
- Rumah yang aman. Lebih dari satu miliar orang tinggal di rumah bambu. Dalam berbagai kejadian, rumah bambu terbuki tahan terhadap gempa bumi.
- Eksotis, indah. Bambu secara alami adalah bahan yang indah dan eksotis, dapat diaplikasikan menjadi berbagai macam produk yang bermanfaat.
Home
Bamboo, if harvested correctly is a renewable resource and sustainable building material. Properly treated bamboo provides strong, flexible and durable building material able to last over 100 years and is a suitable replacement for scarce timber resources. There are around 1,250 bamboo species recognized in the world, 140 of which are found in Indonesia. Although many of these bamboos are exellent for use in construction, furniture and handicrafts, bamboo is still perceived as a poor-man's timber, largely due to its susceptible to insect attack from termites to powder-post beetles. Sahabat Bambu, collaborating with bamboo ecologists, treatment specialits, bamboo artisan, construction experts, and bamboo farmers in order to change this perception through several activities and projects such as bamboo treatment training, bamboo construction training, bamboo clump management, as well as by improving bamboo design and produces superior bamboo products.
Why Bamboo? Here are some facts about bamboo…
- Renewable Resource. Bamboo is a high-yield, it can be harvested in 3-5 years versus 20-50 years for most timber. Its culms biomass production was estimated about 20 to 30 tons/ha annually.
- Plentiful. There are more then 1.500 species around the world and more than 100 species found in Indonesian archipelago.
- Stronger than steel. Certain species of bamboo has a tensile strength of 28,000 per square inch vs. 23,000 for steel.
- Promotes livelihoods for local farmers. Bamboo grows in rural areas and mostly owned by poor farmer. By utilizing bamboo in a sustainable way we can helps increase their income.
- Safe Housing. More than a billion people in the world live in bamboo houses. In most cases, bamboo buildings have proven to be earthquake proof.
- Exotic, beautiful. Bamboo is an exotic and naturally beautiful material, can be utilized to so many useful products.
source : http://www.sahabatbambu.com/
Langganan:
Postingan (Atom)