Mengenai Saya

Welcome my friend ...

The place of sharing knowledge and insight for the progress of us all ...

Minggu, 09 Oktober 2011

Parkir Paling Canggih dan Modern Ada Di RSCM


Parkir Paling Canggih dan Modern Ada Di RSCM

Problemamatika berlalulintas di Jakarta bukan hanya sekedar kemacetan tetapi kesulitan mencari tempat parkir adalah masalah besar lainnya. Namun permasalahan itu tampaknya akan sedikit teratasi saat dibangun gedung parkir canggih dan modern yang mulai dibangun di Indonesia. Gedung parkir yang paling canggih dan paling modern itu telah dibangun dan telah dijalankan di gedung parkir mobil Kencana tepatnya di belakang Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat.
Gedung parkir Kencana  yang modern itu dilengkapi empat lift canggih di tiap lantainya. Tiap lantai berkapasitas delapan mobil. Jadi, gedung itu mampu menampung 96 mobil. Gedung 12 lantai seluas 176 meter persegi  terdiri dari sekumpulan rak seperti dalam lemari perkakas. Rak mobil tersebut terbuat dari plat baja, kabel, rantai serta beberapa alat elektronik lainnya.
Pengendara dalam memarkir mobil tidak perlu repot cukup meletakkan mobil di tempat yang tepat dibantu juru parkir, lalu mobil akan ditransfer oleh lift ke tempat yang aman dalam waktu 40 detik.
Sarana parkir canggih ini di sebut GearBox adalah buatan perusahaan asal Korea Selatan, Donsung P and P. Mesin dan sistem kerja alat ini hampir mirip dengan lift yang biasa dijumpai di gedung-gedung tinggi, tapi dengan skala yang lebih besar. Mesin utamanya berada di bagian paling atas dari gedung.
Tempat parkir itu sebenarnya telah didirikan sejak 5 Mei 2010, tetapi gedung parkir itu tidak pernah penuh.  Padahal, gedung parkir itu masih gratis hingga akhir Mei ini.
Terdapat  batas maksimal panjang dan berat mobil yang bisa diparkir. Rata-rata panjang mobil harus lima meter dan beratnya 2,5 ton per mobil. Mobil seperti Toyota Alphard, Oddisey dan mobil panjang lainnya tidak bisa parkir di gedung itu. 
Tarif parkir modern itu itu setiap mobil harus membayar Rp 10 ribu setiap kali parkir tanpa batasan waktu. Pengendara juga tetap harus membayar saat meninggalkan kompleks RSCM. Tarifnya tergantung lamanya parkir di kompleks rumah sakit itu.
Prosedur dan mekanisme masuk dalam Parkir Modern
  • Mobil masuk ke lift melewati sebuah pintu.
  • Posisi mobil harus tepat, tidak boleh melanggar garis kuning yang berada di plat baja tempat mobil berpijak.
  • Jika posisi tidak tepat pada garis kuning, sensor akan berbunyi dan mesin lift tidak akan bekerja.
  • Jika mobil telah masuk, petugas mencatat plat nomor mobil pada sebuah panel. Panel itu akan “menerbangkan” mobil ke atas.
  • Secara otomatis mesin yang akan mencarikan tempat kosong untuk mobil.
Cara mengeluarkan mobil:
  • Petugas memasukkan nomor polisi mobil yang telah didaftar ke panel.
  • Mobil akan diturunkan menggunakan mesin lift.
  • Jika mobil sudah sampai di lantai dasar, plat lift pijakan mobil akan berputar 180 derajat hingga membuat bagian depan mobil mengarah ke pintu keluar.

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. PT. Adhiyaksa Makmur Gemilang
    We are Sole Distributor “WOHR”
    WOHR is one of the leading manufacturers of car parking systems worldwide, from Germany
    Kami dapat memberikan solusi Parkir dengan Parkir Tumpuk yang berasal dari German..Produk kami mengutamakan Keselamatan serta Fungsi dari area yang kurang luas untuk di jadikan lahan parkir.
    Silahkan mengunjungi Web Kami di :

    http://www.facebook.com/parkingcompact

    Cari di Google ( @parkingcompact )
    Project at Hamilton Scotts is our product

    BalasHapus