Mengenai Saya
Welcome my friend ...
The place of sharing knowledge and insight for the progress of us all ...
Kamis, 13 Januari 2011
Kamis, 16 Desember 2010
Indonesia Butuh 7 Ribu Doktor Baru per Tahun
Sosbud / Kamis, 16 Desember 2010 20:55 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh mengatakan Indonesia butuh tambahan 7.000 doktor baru setiap tahun. Kebutuhan itu bakal dimanfaatkan untuk menggerakkan perguruan tinggi yang kekurangan pengajar.
Kalimat itu diutarakan Mendiknas pada Peresmian International Summit 2010 Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (16/12). Untuk mencapai target tersebut, terang Nuh, pemerintah akan memberikan beasiswa. Pemerintah juga bekerja sama dengan Ikatan Ilmuan Indonesia Internasional (I4).
"Kita itu baru punya 23 ribu doktor, baru 10 persen (dari total dosen di Indonesia). Padahal yang namanya perguruan tinggi itu kan motornya di dosen. Ke depan, kita targetkan paling tidak 20 persen, jadi setiap tahun ada tujuh ribuan doktor baru," tambah Mendiknas.
Nuh menjelaskan program Kemendiknas 2011 adalah program percepatan doktor. Saat ini, perguruan tinggi negeri di Indonesia memiliki 270 ribu dosen. Sekitar 23 ribu di antaranya bergelar doktor, masih kurang sepuluh persen.
Menurut ia, target bisa dicapai dengan beasiswa yang tersedia. Itu baik dari Kemendiknas atau bekerja sama dengan berbagai negara. Diharapkan juga bisa terealisasi dengan bekerja bersama ilmuwan Indonesia di luar negeri.
Soal ilmuwan Indonesia yang enggan kembali ke Tanah Air, menurut ia, pemerintah tidak membedakan tempat. Yang penting, sejauh mana mereka mampu memberikan kontribusi. Misalnya dengan membangun jaringan untuk menciptakan beasiswa. (MI/****)
sumber :
http://www.metrotvnews.com/read/news/2010/12/16/37056/Indonesia-Butuh-7-Ribu-Doktor-Baru-per-Tahun/
Kalimat itu diutarakan Mendiknas pada Peresmian International Summit 2010 Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (16/12). Untuk mencapai target tersebut, terang Nuh, pemerintah akan memberikan beasiswa. Pemerintah juga bekerja sama dengan Ikatan Ilmuan Indonesia Internasional (I4).
"Kita itu baru punya 23 ribu doktor, baru 10 persen (dari total dosen di Indonesia). Padahal yang namanya perguruan tinggi itu kan motornya di dosen. Ke depan, kita targetkan paling tidak 20 persen, jadi setiap tahun ada tujuh ribuan doktor baru," tambah Mendiknas.
Nuh menjelaskan program Kemendiknas 2011 adalah program percepatan doktor. Saat ini, perguruan tinggi negeri di Indonesia memiliki 270 ribu dosen. Sekitar 23 ribu di antaranya bergelar doktor, masih kurang sepuluh persen.
Menurut ia, target bisa dicapai dengan beasiswa yang tersedia. Itu baik dari Kemendiknas atau bekerja sama dengan berbagai negara. Diharapkan juga bisa terealisasi dengan bekerja bersama ilmuwan Indonesia di luar negeri.
Soal ilmuwan Indonesia yang enggan kembali ke Tanah Air, menurut ia, pemerintah tidak membedakan tempat. Yang penting, sejauh mana mereka mampu memberikan kontribusi. Misalnya dengan membangun jaringan untuk menciptakan beasiswa. (MI/****)
sumber :
http://www.metrotvnews.com/read/news/2010/12/16/37056/Indonesia-Butuh-7-Ribu-Doktor-Baru-per-Tahun/
Jumat, 26 November 2010
KEMACETAN AKIBAT KENDARAAN PRIBADI BERTAMBAH
Jakarta, 11/10/2010 (Kominfo-Newsroom) Dewan Transportasi Kota (DTK) Jakarta menilai penyebab percepatan kemacetan diantaranya adalah tingginya angka pertambahan pembelian kendaraan pribadi, baik motor maupun mobil sejak tahun 1999. Berdasarkan data Polda Metro Jaya hingga Mei 2010 jumlah perjalanan di Jakarta mencapai 20,7 juta perjalanan setiap hari. Penggunaan kendaraan pribadi sebesar 98 persen untuk melayani 44 persen perjalanan, sisanya 2 persen memakai angkutan umum dan harus melayani 56 persen perjalanan. Sementara data jumlah kendaraan bermotor DKI Jakarta pada 2009 mencapai kurang lebih 6,5 juta unit terdiri dari kendaraan pribadi 6.4 juta unit, dan angkutan umum 88.447 unit. "Populasi kendaraan roda empat mencapi 3 juta unit di 2010 ini, jumlah sepeda motor di Jakarta tercatat 8 juta unit Mei 2010 sehingga nyaris melebihi jumlah penduduk Jakarta kurang lebih 8,5 juta orang," kata Ketua DTK Jakarta Azas Tagor Nainggolan, di Jakarta, Senin (11/10). Menurutnya langkah pengendalian penggunaaan kendaraan pribadi menjadi sangat penting dilakukan mengingat angka pertumbuhan rata-rata 5 tahun terakhir ±10 persen pertahun. Sekarang ini angka pertumbuhan kendaraan mobil perhari ±240 unit dan sepeda motor perhari 890 unit. Jakarta yang kini memiliki angkutan massal busway Trans Jakarta cukup representatif dan sudah beroperasi hampir 7 tahun, setidaknya dapat mengurangi kendaraan pribadi ke tengah kota, ucapnya. Selain itu Pemda DKI hendaknya mengkaji kebijakan perparkiran sebagai langkah penegakan hukum terutama untuk kendaraan yang parkir di bahu jalan. (T.Yr) |
Sumber :
On Street Parking bakal di hapus ...
Pemerintah Kota DKI Jakarta pada tahun 2011 berencana mengimplementasikan kebijakan mengenai peraturan parkir. Salah satu upaya itu adalah menertibkan parkir yang ada di badan jalan (on street parking ) untuk mengurangi kemacetan lalu lintas. Beberapa ruas parkir yang banyak menimbulkan kemacetan lalu lintas akan ditertibkan misalnya ruas koridor Busway maupun ruas jalan Hayam Wuruk, Gajah Mada,di kawasan Blok M. Parkir di Jalan Melawai I-IX.
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTADinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono, memastikan uji coba penghapusan parkir 'on street' di Jalan Hayam Wuruk dan Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat, akan dilakukan dalam waktu dekat. Namun, ia belum bisa memastikan apakah uji coba itu akan dilakukan pada tahun ini, atau pada tahun 2011.
“Uji coba itu pasti akan dilakukan. Saat ini kami masih melakukan koordinasi dengan berbagai pihak untuk memastikan penerapan kebijakan ini agar tidak menimbulkan masalah baru,” kata Pristono, Rabu (24/11).
Menurut Pristono, Jalan Hayam Wuruk dan Jalan Gajah Mada berada dalam koridor I dengan rute Blok M-Kota. Kondisi tersebut mendukung rencana Pemprov DKI untuk menghapuskan parkir 'on street' di sepanjang jalur busway. Apalagi, jumlah total kapasitas parkir on street sepanjang Jalan Hayam Wuruk dan Gajah Mada sekitar 580 mobil. Di sisi lain, gedung parkir yang ada di sepanjang dua ruas jalan tersebut bisa menampung 6.233 mobil dan 4.564 motor.
Rencana penghapusan itu sudah dimasukkan ke dalam Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) DKI 2011. Selain itu, rencana kebijakan ini juga sudah dimasukkan sebagai salah satu kegiatan dalam program prioritas pembangunan transportasi yang anggarannya dialokasikan sebesar Rp 2,53 triliun.
JAKARTA (Pos Kota) Pengelola parkir dalam gedung (off street) meminta Pemprov DKI menambah satuan ruang parkir (SRP). Pasalnya dengan kapasitas 20 persen dari luas bangunan, area parkir yang ada diprediksi tidak akan mampu menampung limpahan kendaraan yang sebelumnya parkir di tepi jalan (on street).
Jika hal ini tidak dilakukan maka menurut Rudiawan, Direktur Utama PT Putraja Parking, penerapan penghapusan parkir tepi jalan pada 2011 oleh Pemprov DKI tidak akan optimal. “Dengan jumlah gedung parkir yang ada saat ini paling banyak hanya bisa menampung 40 persen kendaraan limpahan dari on street,” ujar Rudiawan, Kamis (25/11).
Sehingga dikhawatirkan dengan kapasitas yang tidak mencukupi, kendaraan yang tidak tertampung di off street akan meluber lagi ke tepi jalan. “Saat ini SRP dalam satu gedung hanya 20 persen dari total luas gedung. Jadi sebaiknya untuk menunjang kebijakan penghapusan parkir on street, Pemprov DKI harus mengeluarkan kebijakan menambah prosentasenya.”
GAMBIR (Pos Kota) Sementara itu, Pemprov DKI Jakarta mengusulkan menaikkan tarif parkir tepi jalan dari Rp 1000 menjadi Rp 4000 untuk mobil dan Rp 2000 untuk sepeda motor. “Usulan tersebut dimaksudkan untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor dan menekan kemacetan,” tegas Gubernur Fauzi Bowo.GAMBIR (Pos Kota) Menurut Ridho, bila pada saatnya disetujui kenaikan tarif parkir, maka seluruh pengelola parkir wajib menyediakan peralatan penerimaan secara on line. Sebab, pendapatan parkir tersebut terkait dengan pemasukan pajak parkir untuk kas daerah. Pajak parkir tersebut ditetapkan sebanyak 20 persen.
Selama ini, pajak parkir yang disetorkan pengelola parkir hanya berdasarkan survey. “Sistim on line tersebut sangat diperlukan untuk menekan kebocoran dan menguji kejujuran pengelola parkir. Survey tersebut tentu tidak akurat.”
Selain untuk menata lalulintas, kenaikan tarif parkir berdampak pada parkir. Pendapatan dari pajak parkir tahun 2010 ditargetkan Rp 150 miliar dan tahun 2011 mendatang Rp 180 miliar.
Cuplikan dari beberapa sumber berita
http://www.indonesiaheadlines.com/index.php?id=1255896
http://www.poskota.co.id/tag/parkir
http://www.poskota.co.id/berita-terkini/2010/11/12/naikkan-tarif-parkir
http://www.poskota.co.id/berita-terkini/2010/10/07/dprd-dki-setuju-tarif-parkir-naik
Selasa, 23 November 2010
Translater Online Indonesian English Dictionary
Salah satu kendala bahasa inggris bisa dibantu dengan mengakses alamat ini http://yyy.sederet.com/
Bisa digunakan untuk mentranslate arti Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia atau sebaliknya
Selamat mencoba
Bisa digunakan untuk mentranslate arti Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia atau sebaliknya
Selamat mencoba
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Kamus Besar Bahasa Indonesia yang dikenal dengan sebutan KBBI terbit pertama 28 Oktober 1988 saat Pembukaan Kongres V Bahasa Indonesia. Sejak itu kamus tersebut telah menjadi sumber rujukan yang dipercaya baik di kalangan pengguna di dalam maupun di luar negeri. Setiap ada permasalahan tentang kata, KBBI selalu dianggap sebagai jalan keluar penyelesaiannya. Selain muatan isi, KBBI memang disusun tidak sekadar sebagai sumber rujukan, tetapi menjadi sumber penggalian ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta peradaban Indonesia. Oleh karena itu, rujukan tersebut kemudian semakin mengakar di dalam kehidupan berbahasa Indonesia walaupun upaya penyempurnaan isi tidak selamanya mengimbangi perkembangan kosakata bahasa Indonesia.
sumber :
http://pusatbahasa.diknas.go.id/kbbi/index.php
sumber :
http://pusatbahasa.diknas.go.id/kbbi/index.php
Sabtu, 20 November 2010
QS : Ar Rum 30 - 32
30. Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama Allah; (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada peubahan pada fitrah Allah. (Itulah) agama yang lurus; tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui,
31. dengan kembali bertaubat kepada-Nya dan bertakwalah kepada-Nya serta dirikanlah shalat dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang mempersekutukan Allah,
32. yaitu orang-orang yang memecah-belah agama mereka dan mereka menjadi beberapa golongan. Tiap-tiap golongan merasa bangga dengan apa yang ada pada golongan mereka.(copied/pasted from original cd Quran Player Lite Edition)
Selasa, 16 November 2010
HAJI ...Nikmat ...ingin Kuulangi ...
Satu lagi kenikmatan yang dapat dirasakan oleh jamaah haji 2010. Para tamu Allah ini Insya Allah akan dapat menyaksikan Jam Raksasa yang berada di menara teritinggi kedua di dunia. Menara tertinggi yang pertama berada di Dubai Emirat Arab. Jam ini dapat terlihat dari empat arah hingga jarak 25 kilometer dari tiap-tiap sisinya.
Di puncak menara terpasang bulan sabit emas dengan diameter 23 meter. (Info Haji 09/2010).
Jam raksasa yang ditempatkan di atas Makkah Royal Clock Tower ini lebih besar daripada Lonceng Big Ben di menara St.Stephen London. Jam dengan panjang 45 meter dan lebar 43 meter ini diterangi dua juta lampu LED. Bila waktu sholat tiba 21 ribu lampu akan berpendar-pendar. (Sabili, No.4/2010)
Jam raksasa yang berada di Abraj al-Bait ini beroperasi dengan standar sendiri yakni standar waktu Saudi atau Makkah Mean Time (MMT). Diharapkan nantinya Mekah bukan hanya menjadi pusat ibadah bagi seluruh kaum muslimin melainkan juga menjadi pusat waktu dunia menggeser Greenwich Mean Time (GMT) yang telah menjadi pedoman waktu sejak 125 tahun yang lalu hingga saat ini. Namun ini masih dalam perjuangan, menunggu persetujuan Konvensi Internasional.
Jam Raksasa yang dibangun diseputar area masjidil haram per 1Ramadhan 1431H mulai resmi beroperasi. Menara jam ini merupakan fitur dari kompleks hotel tujuh menara Abdulaziz, yang dibangun oleh perusahaan swasta Saudi, Binladen Group.Lebih dari 90 juta keping mosaik kaca yang berwarna menghiasi sisi jam, dan setiap sisinya masing-masing menerakan tulisan besar "Allah" yang bisa terlihat jelas dari seluruh pelosok kota.
Media setempat mengatakan bahwa proyek menara jam ini menelan biaya $ US3 miliar.
Media setempat mengatakan bahwa proyek menara jam ini menelan biaya $ US3 miliar.
Indah Di Malam Hari |
Jumat, 05 November 2010
Merapi Mt .... berhentilah bergejolak ...
Sabtu, 06/11/2010 07:00 WIB
Letusan Merapi Dahulu dan Kini
Anwar Khumaini - detikNews
Jakarta - Letusan Gunung Merapi yang terjadi pada Jumat (5/11/2010) dini hari kemarin sangat dahsyat. Bahkan, letusan yang menewaskan 69 orang tersebut adalah yang paling dahsyat dalam 100 tahun terakhir. Bagaimana letusan Gunung Merapi tahun ini dibanding tahun-tahun sebelumnya?
Menurut Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM, Dr Sukhyar, letusan Merapi yang berentetan sejak Rabu 3 November merupakan letusan terbesar selama 100 tahun terakhir. Letusan ini juga masuk kategori terbesar selama 30 tahun setelah Gunung Galunggung bererupsi.
"Merapi selama 100 tahun belum pernah ada letusan seperti ini. Ini merupakan letusan besar dalam kurun waktu 30 tahun. Terakhir letusan terbesar kedua setelah Galunggung pada tahun 1982," kata Dr Sukhyar di Yogyakarta, Jumat (5/11/2010) kemarin.
Dibanding pada 2006 lalu, letusan Gunung Merapi kali ini memang jauh lebih besar. Jika letusan Merapi 2006 lalu hanya membutuhkan waktu 7 menit untuk erupsi, letusan tahun ini hingga erupsi berkali-kali dengan waktu yang tak terhitung. Bahkan letusan Merapi tahun ini merupakan yang terbesar dalam kurun waktu 140 tahun terakhir.
"Kalau letusan besar sebelumnya tahun 1870, berarti kali ini yang terbesar setelah 140 tahun," ujar Sukhyar.
Karakteristik Merapi yang selama ini dikenal masyarakat adalah biasanya membentukan kubah lava setelah erupsi. Ketika kubah lava itu gugur akibat erupsi, selanjutnya maka terjadilah awan panas.
"Kita hampir melupakan kalau Gunung Merapi itu pernah eksplosif sekali. Dan sekarang ini letusannya eksplosif vertikal. Dengan ketinggian awan panasnya mencapai 7,5 km," jelas Sukhyar.
Luncuran awan panas Merapi kali ini pun jauh lebih panjang dari sebelumnya. Daerah bahaya diperluas dari 10 km diperpanjang menjadi 15 km hingga akhirnya diperpanjang lagi menjadi 20 km.
Hingga saat ini, total korban tewas lebih dari 100 orang, termasuk kuncen Gunung Merapi, Mbah Maridjan. Mbah Maridjan tewas saat Merapi mengeluarkan Erupsi pada 26 Oktober lalu.
Lebih dari 40 ribu pengungsi saat ini tersebar di beberapa kabupaten di Yogyakarta dan Jawa Tengah seperti Kabupaten Sleman, Klaten, Boyolali dan Magelang.
Bahkan, untuk memantau langsung kondisi Merapi, Presiden SBY mulai hari ini ngantor di Yogyakarta sampai batas waktu yang belum ditentukan. SBY juga telah menetapkan bahwa bencana Letusan Merapi ini ditangani langsung oleh BNPB.
(anw/anw)
Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!
source :
http://www.detiknews.com/read/2010/11/06/070017/1487931/10/letusan-merapi-dahulu-dan-kini?991102605
Letusan Merapi Dahulu dan Kini
Anwar Khumaini - detikNews
Menurut Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM, Dr Sukhyar, letusan Merapi yang berentetan sejak Rabu 3 November merupakan letusan terbesar selama 100 tahun terakhir. Letusan ini juga masuk kategori terbesar selama 30 tahun setelah Gunung Galunggung bererupsi.
"Merapi selama 100 tahun belum pernah ada letusan seperti ini. Ini merupakan letusan besar dalam kurun waktu 30 tahun. Terakhir letusan terbesar kedua setelah Galunggung pada tahun 1982," kata Dr Sukhyar di Yogyakarta, Jumat (5/11/2010) kemarin.
Dibanding pada 2006 lalu, letusan Gunung Merapi kali ini memang jauh lebih besar. Jika letusan Merapi 2006 lalu hanya membutuhkan waktu 7 menit untuk erupsi, letusan tahun ini hingga erupsi berkali-kali dengan waktu yang tak terhitung. Bahkan letusan Merapi tahun ini merupakan yang terbesar dalam kurun waktu 140 tahun terakhir.
"Kalau letusan besar sebelumnya tahun 1870, berarti kali ini yang terbesar setelah 140 tahun," ujar Sukhyar.
Karakteristik Merapi yang selama ini dikenal masyarakat adalah biasanya membentukan kubah lava setelah erupsi. Ketika kubah lava itu gugur akibat erupsi, selanjutnya maka terjadilah awan panas.
"Kita hampir melupakan kalau Gunung Merapi itu pernah eksplosif sekali. Dan sekarang ini letusannya eksplosif vertikal. Dengan ketinggian awan panasnya mencapai 7,5 km," jelas Sukhyar.
Luncuran awan panas Merapi kali ini pun jauh lebih panjang dari sebelumnya. Daerah bahaya diperluas dari 10 km diperpanjang menjadi 15 km hingga akhirnya diperpanjang lagi menjadi 20 km.
Hingga saat ini, total korban tewas lebih dari 100 orang, termasuk kuncen Gunung Merapi, Mbah Maridjan. Mbah Maridjan tewas saat Merapi mengeluarkan Erupsi pada 26 Oktober lalu.
Lebih dari 40 ribu pengungsi saat ini tersebar di beberapa kabupaten di Yogyakarta dan Jawa Tengah seperti Kabupaten Sleman, Klaten, Boyolali dan Magelang.
Bahkan, untuk memantau langsung kondisi Merapi, Presiden SBY mulai hari ini ngantor di Yogyakarta sampai batas waktu yang belum ditentukan. SBY juga telah menetapkan bahwa bencana Letusan Merapi ini ditangani langsung oleh BNPB.
(anw/anw)
Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!
source :
http://www.detiknews.com/read/2010/11/06/070017/1487931/10/letusan-merapi-dahulu-dan-kini?991102605
Dani Harmanto_Derby_Computational Fluid Dynamics (CFD)
Memiliki alumni yang hebat tak disia-siakan Jurusan Mesin Fakultas Teknologi Industri (FTI) ITN Malang. Salah satunya adalah Dr Dani Harmanto Beng (Hons), Msc, PhD. Alumnus Teknik Mesin angkatan 1987 ini kini menjabat sebagai Ketua Jurusan di Teknik Mesin Faculty of Arts, Design and Technology University of Derby, United Kingdom (UK).
Menariknya lagi, kemarin Dani berbagi ilmu terbaru yang sangat bermanfaat untuk mahasiswa Teknik Mesin. Yaitu pengetahuan mengenai pemanfaatan Computational Fluid Dynamics (CFD). Sejauh ini kata dia, CFD baru dikuasai beberapa ahli saja. Itupun hanya ada di perguruan tinggi negeri
sumber : 15 AGUSTUS 2009
http://malangraya.web.id/2009/08/15/pemanfaatan-cfd
sumber :
http://www.derby.ac.uk/press-office/conferences-and-events/highlights-of-graduation-ceremonies-2007/celebrations
Langganan:
Postingan (Atom)